May 19, 2013

Is hitting ok for toddler?

Kemaren saya kenalan dengan temen baru, let say namanya si "A". Yah sebenernya sih nggak di bilang baru juga, karena selama ini udah seri g denger namanya dan 'kenal' gitu-gitu aja melalui media social dari mutual friend kita. Anyway, yang mau saya ceritain bukan tentang perkenalan atau tentang si teman baru ini. Tapi tentang anaknya.


Kebetulan anaknya si A ini seumuran dengan Tristan, hanya beda 4bulan lebih muda. Masih di usia toddler. Jadi kemaren ceritanya playdate bareng. Standar seperti biasa, awalnya dua bocah ini masih malu-malu. Nggak nyampe 15menit, mulai mereka main bareng. Kebetulan anaknya si A bawa mainan banyak banget. Yang namanya anak-anak, termasuk Tristan, tentu aja seneng liat banyak mainan baru yang dia belum punya. Lewat ke menit 25, mulai deh si bocah-bocah ini rebutan mainan. Tristan yang excited dengan barang baru milik temennya, sementara anak si A nggak rela mainannya di share dengan orang lain. Akhirnya sampai ke titik dimana anak si A nggak bisa ngontrol emosi dan mulai mukul Tristan. Kejadiannya sampe 3x. Spontan Tristan juga jadi ikut mukul balik.

Seumur-umur Tristan tuh nggak pernah mukul orang lain, mau anak-anak kek atau orang dewasa. Yah sejak jecil saya selalu bilangin ke dia nggak boleh mukul barang atau orang kalo dia kesel. Nangis boleh, marah boleh, tapi nggak boleh mukul dan lempar barang. Jadi sampe umur 3 tahun emosinya Tristan alhamdulillah bisa terkontrol positif.

Disisi lain, temen saya si A ini (dan kebetulan mutual friend kita juga ada di TKP waktu adegan ppukul-pukulan berlangsung) malah membenarkan aksi anaknya (entah berusaha membela diri atau teori psikologi yang bener seperti ini). Memang nggak secara langsung sih dia membenarkan. Ketika kejadian pukul-pukulan, si A tetap advise anaknya bahwa pukul temen itu salah dan nggak boleh. Anaknya juga disuruh minta maaf. Tapi setelah usai kumpul bocah, si A (yang kebetulan guru di pre-school), mulai membahas adegan tadi. Menurutnya pukul-pukulan di umur segitu wajar. Oke saya setuju! Pukul-pukulan juga ga apa-apa, karena dianggap mereka belajar untuk mempertahankan kemauannya dan self defence.

 And i was like WHAT?!? 

Saya bukan lulusan psikolog. Dan kebetulan juga nggak terlalu suka baca buku-buku psikologi anak. Tapi tetap yah, berdasarkan common sense seorang ibu, sejak kapan pukul itu dikagegorikan "nggak apa-apa" dan sebagai self defence atas hak dan keinginannya??? 

Saya bilang ke dia saya nggak setuju sama sekali. Main fisik dalam bentuk menyerang duluan itu nggak dilegalkan! Self defence berarti mempertahankan diri dari serangan. Bukan menyerang duluan. Untuk usia anak-anak, mempertahankan kemauannya bisa dengan jerit marah atau ngerampas balik mainan yang di ambil. Bukan mukul. 

Menurut saya anak itu harus dikasi pengertian tentang sharing sedini mungkin. Dan kalo udah mau main bersama, harusnya langsung di ingetin pada saat itu juga bahwa ntar mainnya harus sharing. Selain sharing, anak juga harus dikasi pengertian tentang nunggu giliran dan nikmatin gilirannya. Jangan juga anaknya baru megang mainan, trus ada anak lain yang pengen, orang tua cepet-cepet bilang "pinjemin ke temennya yaa". Kebanyakan yang saya peratiin ini yang paling sering kejadian dilingkungan sekitar ato tempat man unum. Lah si anak juga baru megang mainan 5 menit, trus disuruh tukeran. Kapan si anak bisa nikmatin mainannya dong?? Standar orang indonesia kayanya, suka nggak enakan. 

Pernah itu ada kejadian waktu tristan baru ngambil maianan ditempat umum, tiba-tiba ada anak yang juga pengen maianan yang sama. Anaknya udah minta-minta ke orangtuanya. Waktu itu saya cuma bilang ke anak itu "tunggu dulu yaa, Tristannya juga baru mainin. Nanti kalo udah selesai pasti dikasih ke kamu". Si ibunya bengong, mungkin nggak nyangka saya bakal ngomong seperti itu. *curiga si ibunya penganut aliran langsung nyuruh anaknya kasi pinjem", hehehehe. Tapi disisi lain, saya juga ngasih aturan ke Tristan, kalo lagi main ditempat umum yang rame banget, waktu mainnya dibatesin, misalnya; 5minutes aja ya.. 


Jadi yah menurut saya kalo ini anaknya ga dikasi pengertian tentang sharing sebelum main dan anaknya keseringan disuruh ngalah dengan yang lain sebelum dia puas nikmatin mainan, wajar aja anaknya marah dan mukul. Giliran udah mukul, baru dikasih tau mukul itu nggak boleh, ya udah telat lah menurut saya.. 

Tiap orang punya cara masing-masing ya dalam mendidik anak. Caranya dia belum cockk buat saya, juga sebaliknya. Jadi how i raise my kid, let me do it my way aja lah ya... Nggak usah maksain konsep masing-masing deh. Apalagi cari pembenaran... Toh saya juga bukan orang yang suka nyampurin/komen cara orang lain besarin anak. 


0 lullabies from others: