Jan 31, 2013

SEKOLAH!!!

Akhirnya sebagai orang tua, sampai juga saya dan merdi di fase mencari sekolah buat Tristan. Terhitung Januari 2013, Tristan resmi sebagai murid di Sunflower-Mentari pre school.
Niat awalnya, mau masukan Tristan sekolah di usia 3 tahun ke atas. Karena saya sendiri ragu mau nyekolahin anak di usia dini banget. Apalagi setelah sempat konsultasi sama salah satu psikolog anak yg terkenal dan konsultasi sama sepupunya merdi yang kebetulan lulusan psikologi dan kerja sebagai guru TK, dua-duanya nyaranin untuk nyekolahin anak di usia 3tahun. Alasannya? Anak di bawah 3thn masih terlalu kecil untuk diberi "rules" di luar rumah. Apalagi kalo ibunya ngga kerja alias stay at Home Mom, lebih baik si anak spend time sama ibunya dulu (beda kasus kalo ibunya Working Mom, anaknya gapapa disekolahin sebelum 3thn daripada cuma bergaul dan si mba-nya doang).

Yah, jadilah di usia 2tahun Tristan mulai saya daftarkan di SunFlower-Mentari Bintaro, mengingat kata orang-orang waiting List-nya gila gilaan. Selain itu Tristan juga saya ajak trial di beberapa pre school di seputaran Bintaro, buat ngeliat kesiapannya dia sekolah. Ternyata benar! Usia 2thn, Tristan belum siap sekolah. Belum siap di tinggal dan lepas dari saya, tepatnya. Selama trial, saya nggak boleh keluar ruangan kelas, bahkan buat ke toilet doang!

Ternyata Di bulan Oktober, saya di telfon Sunflower, disuruh datang untuk trial Tristan. Umur Tristan saat itu baru 2thn 5bulan. 2,5thn juga belum nyampe. Doeng! Bingung sendiri jadinya. Akhirnya saran merdi, Tristan ikut trial aja dulu. Berhubung udah di telfon, paling nggak nunjukin minat buat ngedaftar disana. Waaah, Ternyata Sunflower nggak seperti yang dibilang orang-orang. Cuma selang 1 term dari pendaftaran kita udah dapat kursi.

Berangkat lah besoknya kami untuk trial di Sunflower.. Dari awal niat saya sengaja nggak mau masuk kedalam kelas, mau liat Tristan siap apa nggak. Begitu nyampe depan kelas, dikasi penjelasan ke dia bahwa mommy Nunggu di kursi luar, ternyata anaknya nggangguk setuju. Surprise! *ini juga efek psikologi yang udah bawa Tristan trial Kemana-mana, jadi anaknya udah nggak canggung lagi*. Singkat cerita, si anak enjoy di kelas tanpa nyariin emaknya.

Diakhir trial, saya dan merdi di panggil teacher-nya, ngasi tau kalo anaknya sudah siap untuk sekolah. Dan langsung disuruh ngadep ke kantor administrasi kalo mau Join di Sunflower. Nah loh..giliran saya dan merdi yang bingung, karena kita belum siap nyekolahin Tristan mengingat usianya belum 2,5tahun.

Untungnya setelah ngobrol dengan ibu kepala yang incharge di Sunflower, sekolahnya Tristan bisa di pending. Kebetulan juga alasan saat itu karena merdi harus tugas keluar kota 2x dalam bulan nov-des, gw dan Tristan mau nggak mau ngekor keluar kota. Jadi rasanya sayang kalo Tristan  Join di term Okt-Des, tapi masuk kelasnya nggak bisa Full selama 1 term. Akhirnya kita putuskan Tristan untuk mulai sekolah di term januari 2013, pas usianya juga udah 2thn 8bln. Fuiiih.., lega lah rasanya masih bisa di pending! *tadinya mau pending sampe dia 3thn, tapi nggak enak juga sama sekolahnya, plus uang sekolahnya juga bakal naik, ngikutin tahun ajaran baru, hehehe*

So far, Tristan enjoy di sekolah. Dapat temen baru, dapet mainan baru, dan yang pasti bisa puas lari-larian di halaman belakang yang luas. Ada sih sesekali Tristan nyariin saya ketika di dalam kelas *berdasarkan laporan miss Sri, teacher di toddler Class. Tapi nggak sampe bikin dia rewel dan nangis. Mudah-mudahkan selanjutnya tetep Happy...