Jun 14, 2010

What's New?

Pasca persalinan dan setelah baby Tristan lahir, rasanya hampir nggak punya waktu untuk online apalagi nulis blog. Selain capek begadangnya, saya juga males untuk buka laptop.. lebih enak ngeliatin dan ngajak main baby Tristan.

Jadi, ini sedikit random fact tentang dunia baru saya setelah punya baby Tristan...



# kurang tidur, pasti!!! jam begadang pun nggak bisa diprediksi, sama kaya macetnya jakarta, hihihi... Ternyata baby itu berubah-rubah jam tidurnya. Hari ini bisa begadang dari jam 1 -4 pagi, besoknya tau-tau si baby bisa tidur lelap di jam yang sama. Jadi menurut saya, harus ada 2 orang yang bisa aplusan untuk jaga bayi. Untuk saat ini untungnya ada ibu saya yang nemenin 24 jam (termasuk jadwal aplusan dengan saya), ada mertua saya yang jam jaga-nya pagi, dan ada daddy-nya Tristan yang ngajak main Tristan sore - malem. Jadi saya punya waktu istirahat...

# speaking of istirahat, sebenarnya waktu istirahat saya nggak bisa maksimal. Penyebabnya cuma satu dan nggak bisa ditawar: baby Tristan HOBI ngempeng! alamaaaaak! kalo udah mau ngempeng, ya mau nggak mau harus saya yang bertindak... mana mungkin dia ngempeng sama eyangnya..apalagi sama bapaknya, hahaha! Jadi si baby Tristan ini kalo udah mau ngempeng, harus di turutin... kalo nggak, bisa nangis jejertitan dan akhirnya dia bete. dan kalo udah bete, susah ngebujuknya.What?? BETE??? iyaa canggih juga nih bayi, dari sejak usia 3 minggu dia udah kenal bete! ck.. ck.. ck...

# Setiap hari ada aja hal-hal lucu dan ajaib dari baby Tristan yang bisa bikin kita amaze dan ketawa. Entah itu ngeliat ekspresinya atau kepintarannya. Rasanya seperti punya mainan baru deh...

# Baby Tristan si bayi sehat nan pintar ini udah bisa ngangkat kepalanya di usia 1 minggu saja! wow! kata ibu saya dan orang-orang, biasanya baby baru bisa ngangkat kepalanya minimal di usia 1,5 bulan atau bahkan 2 bulanan. Jadi Tristan kalo di tengkurepin suka ngangkat-ngangkat kepalanya dan bawaannya mau muterin tuh badan kedepan... Good boy!

# Baby Tristan seneng ngobrol!! suka saya ajak ngobrol ditempat tidur, dan seneng ngeliat responnya dia dengan ngeluarin suara-suara "aah"... "whooo".. seperti ingin membalas ucapan saya (atau ikutan bercerita ya??). Kalo diajak ngobrol juga seneng ketawa-ketawa.. jadi gemes deh!

# Akhirnya baby Tristan udah bisa ngeliat jelas dan ngenalin wajah mommy-nya di usia 3 minggu. Saya perhatikan (dan juga kata dokter anak yang nanganin Tristan), bayi itu pertama kali hanya bisa ngenalin wajah ibunya, lalu kemudian mulai ngenalinwajah bapaknya di usia sekita 2 bulan.

# Saya masih punya sisa cuti kurang dari 1 bulan. Rasa-rasanya kok jadi males balik kerja yaa... Sayang aja kalo saya harus ngelewatin momen-momen spesial baby Tristan. Sebagai mommy, rasanya saya pengen jadi orang pertama yang ngeliat momen-momen itu..hihihihi... Belum lagi kalo mikirin harus bangun pagi dan jam begadang yang nggak bisa diprediksi, bisa ngantuk berat deh ntar di kantor... aaaaiiih mateeeee!

# Katanya muka bayi masih suka berubah-berubah, belum bisa keliatan 100% mirip ke siapa. Sejauh ini sih baby Tristan banyak yang bilang mirip merdi... hiiiii! Tapi sebenarnya menurut saya dan keluarga, Tristan ini wajahnya campuran antara merdi dengan opa saya, Opa JJ. Malah nggak mirip bapak saya, padahal bintang dan shio-nya sama persis dengan bapak saya...hahaha. Trus yang mirip saya cuma dagunya doang.. Yaah nggak apa-apa deh, yang penting adil, ada gen jawa dan gen belanda di Tristan.

# Ternyata banyak orang yang mau ikut campur dengan urusan anak kita. Saya baru nyadarin setelah Tristan lahir. Harus begini lah, harus begitu lah... Duuuh yang punya anak kan gw... Seperti contohnya harus diadakan acara-acara adat begini begitu. Semua mau ngatur. Mending kalo yang mau ngatur itu ngasi duit buat ngadain acara. Lah ini cuma ngomong dan ngatur doang biar acaranya bagus nan hebat... tapi nggak mikir kalo acara-acara begitu butuh dana besar. Sementara baby Tristan masih kecil dan saya maunya dana-dana nggak penting gitu lebih baik ditabung buat keperluan Tristan. Trus kalo acaranya biasa-biasa aja, diprotes. Helooooo.... kami orang tuanya gitulohhh. kami yang berhak nentuin mau bikin acara apa, atau nggak bikin acara sama sekali. Hal begini bikin saya kesel! Mungkin ini bedanya keluarga saya dengan orang-orang lain yah. Saya berasal dari keluarga yang cendrung cuek dan nggak punya budaya yang kental seperti jawa. Kebetulan bapak saya berasal dari Belanda, jadi yaa nggak punya yang namanya tradisi-tradisi gituan. Lagian ngapain sih bikin acara heboh besar-besaran?? menurut saya itu udah jadi ajang pamer dan riya. Jadi om, tante, kalo mau ikut campur dan ngatur bikin acara-acara heboh, monggo...dengan syarat; biayanya dari kalian yah.. mau nggak??? hahahaha....
*pelajaran buat kita semua: jangan sok ngatur, ikut campur apalagi protes untuk urusan anak orang. Terutama untuk hal-hal nggak penting dan foya-foya pamer sana sini bikin acara.Setiap anak punya orang tua, dan orang tuanya lah yang tau yang terbaik buat anaknya!*

# Hal lainnya yang masih menyangkut urusan anak, banyak tiba-tiba orang yang jadi sok pintar dan belagak lebih tau dari orang tuanya sendiri. Haiyaaaaa! yang gini nih bikin saya tambah kesel. Saya yang hampir 24jam dengan bayi saya, udah mulai kenal dan bisa ngebedain tangisannya antara mau minum asi, ngantuk, atau cuma pengen digendong & ngempeng, atau rewel karena diapersnya basah karena pipis ato pup. Ini ajaibnya beberapa orang mulai sok tau kalo bayi saya nangis: "....tuh dia laper tuh!.." atau "...anaknya dibawa ke kamar! dia kepanasan tuh makanya rewel nangis-nangis gitu..."
Nah kalo udah gini, pengen rasanya saya ngomong ke orang-orang yang suka sok tau itu: "....gw emaknya..harusnya gw yang lebih tau anak gw mau apa,bukan elu.."
Sayangnya saya nggak bisa dan nggak boleh ngomong seperti itu ke beberapa orang... Yaah itung-itung belajar sabar deh, kata ibu saya.

*the new famalie*


Pelajaran buat diri saya sendiri: jangan sok tau, jangan ikut campur, jangan sok ngatur, jangan sok pinter, jangan jadi orang rese buat orang lain yang baru punya baby. Mentang-mentang saya udah punya anak, saya nanti nggak boleh jadi sok tau. Karena setiap baby kan beda-beda. Bisa aja anak saya cocok dengan cara A, dan anak orang lain cocok dengan cara yang sama. Ngasih saran atau masukan atau info sih boleh-boleh aja.. tapi bukan memaksain kehendak kita ke orang lain. Semoga hal ini bisa disadari oleh orang-orang, betapa nggak enaknya diperlakukan seperti cerita saya di atas. Hiiiiiii amit-amit deh....

0 lullabies from others: