May 26, 2010

The Meaning Of His Name

Seperti yang udah pernah saya posting sebelumnya, nama baby boy ini diputuskan oleh kami berdua, si orang tua baru, yang terdiri dari 4 suku kata:


Alexander Tristan Suryo Murti


Lalu artinya apa? Kan katanya kalo ngasi nama anak harus yang baik dan mempunyai arti.

Saya & Merdi memang nggak terlalu suka ngasih nama anak yang berbau-bau arab dengan arti nama super hebat (lagi ngetren kan tuh sekarang nama-nama berbau arab) . Alasannya, kasian kalo anaknya keberatan nama..malah nantinya jadi beban bagi dia kalo arti namanya super hebat. Yang penting bagi kami nama anak nggak punya arti jelek. Kebetulan juga saya lebih senang nama "western" (dan nama sankskrit, cuma nggak nemu yang pas aja)... Jadi deh namanya berbau-bau western..


Sebenarnya ide awal nama baby Tristan ini gabungan nama Opa-nya (papi saya); Alexander, dan eyang-nya (almarhum papa merdi); Suryo. Karena baby Tristan cucu pertama dari pihak kanan & kiri. Lantas karena kita bingung nanti nama panggilannya apa, akhirnya ditambahkan lah 1 nama tengah lagi, Tristan. Kenapa Tristan? Karena saya suka banget dengan nama ini..hehehe..jadi nama Tristan ini pemberian saya, dan Merdi setuju aja deh..


Tapi sebenarnya selain alasan di atas, tiap-tiap suku kata namanya juga punya origin & arti yang cukup baik tanpa membuat dia "keberatan" nama nantinya..


Alexander: The protector, dan juga dari nama Alexander the Great.


Tristan: Origin name dari Celtic, prince/ knight of celtic. Ada juga yang bilang "hammer of Thor". Kalau saya sih emang ngambil dari nama prince Celtic.


Suryo: javanese name yang berarti matahari/surya. Mudah-mudahan dia bisa bersinar terang seperti matahari.


Murti: nama keluarga Merdi.


Lucunya, banyak banget orang-orang yang mengira namanya diambil dari salah satu karakter film "legend of the fall"... Banyak yang komentar "..wah Brad Pitt dong...". Hehehe ga apa-apa deh, siapa tau Tristan bisa ganteng kaya Brad Pitt ^_^


Jadi begitulah kira-kira asal muasal nama baby boy kami, setelah mommy dan daddynya berpikir cukup lama to find the perfect name for him.


Mudah-mudahan namanya bisa memberikan kebaikan buat dia seperti origin name-nya itu... Amin.


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

0 lullabies from others: