Aug 19, 2009

Sail Bunaken 2009

Banyak teman-teman saya yang nanya apakah saya ikut berpartisipasi sebagai diver dalam acara pecah record dive 2000 orang lebih dan upacara 17 Agustus di bawah laut.

Jawaban saya cuma simple: "ngapain???"

Saya memang nggak ikut dalam acara seperti itu karena kurang setuju dengan konsep "Bunaken"-nya itu.

Emang sih ternyata kegiatan tersebut nggak dilakukan di areal bunaken, tapi di laut sloppy sekitar kota manado. Kondisi areal bunaken memang nggak memungkinkan untuk melakukan hal-hal tersebut, apalagi upacara, mengingat landscape laut bunaken adalah palung laut dengan kedalaman 1 kilometer lebih dan wall horisontal yang cukup panjang. Mau di tancepin di mana itu bendera??

Sebagai seorang diver yang sangat amat mencintai dunia bawah laut, tetap aja saya nggak setuju. Why?

1. Dive selain buat leisure, juga buat menambah pengetahuan biota laut, mencintai dunia laut dan menghargai ciptaan Tuhan yang maha indah tanpa merusaknya dan menjadikannya barang komersil.

2. Tujuan dive sendiri buat menikmati biota laut, bukan ngeliat 1000 orang nyelam di laut. Kalo mau liat 1000 orang, yah pergi aja ke konser atau peterpan. Di darat juga banyak lautan manusia.

3. Dengan peserta lebih dari 1000 divers, bisa dibayangin kan kondisi airnya, penuh dengan bubbles dari regulator 1000 orang. Trus, yang mau dilihat apa dong??

Bunaken itu adalah world heritage dan harusnya indonesia bangga punya alam sebagus bunaken (yep, dunia bawah lautnya sangat sangat indah, Dengan jarak pandang 35m!), bahkan terpilih sebagai tuan rumah World Ocean Conference, mei 20009 lalu. Lantas, kenapa harus di rusak?
Saya yakin, lebih dari 1000 peserta diving di event sail bunaken pasti pada turun ke beberapa spot2 terkenal di areal bunaken. Udah jauh-jauh dateng ke manado, tapi nggak dicicipi, sayang kan?? Naaah.. Lantas apakabar dong spot2 dive tersebut kalo di kunjungi manusia, let say 300 diver per hari?? Keruh? Udah pasti. Coral rusak? Mungkin.


Jadi, apa gunanya event ini di selenggarakan, selain hanya untuk pamer indonesia dan pecah rekor dunia doang???

Rumor katanya tahun depan akan ada event serupa, dilaksanakan di sekitar perairan ambon... Sail Banda 2010 kali????? Haduuuuuuh....

Saya heran liat bangsa saya ini.....


*by the way, bunaken udah cukup terkenal lho di luar negeri.. Malah di atasnya caymand island, dan read sea.. Bunaken juga merupakan salah satu surga dunia para divers...*


Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

0 lullabies from others: