Jul 7, 2009

For Longer Bottom Time



Rencananya pertengahan July ini saya mau level-up skill dive saya. Pilihan sebenarnya ada 2, ambil Emergency First Response atau Nitrox. Akhirnya saya putuskan sebaiknya Nitrox certification aja, mengingat kegiatan dive saya buat pelepas stres/hobi dan belum dijadikan profesi serius. Toh juga setiap dive, saya selalu menggunakan local giude yang biasanya sudah berlevel Dive Master.

Pengalaman dive saya terakhir memutuskan saya butuh Nitrox untuk menyelam. Alasannya simpel, agar bottom time saya di bawah laut bisa lebih lama dari standar diver yang menggunakan komposisi udara biasa di dalam tabung scubanya. Jadi kalau pakai nitrox, lama kita menyelam di bawah dengan kedalaman yang sama dengan udara biasa, bisa 2x nya. Biasanya saya menyelam di kedalaman 25-30m hanya sekitar 40menit, nah dengan nitrox, bisa lebih puas kan?? hehehehe...

Nitrox itu sendiri adalah singkatan dari Nitrogen - oksigen dimana campuran udara yang ada di dalam tabung scuba yang berbeda dengan komposisi udara untuk sertifikasi non-nitrox, seperti yang saya pakai selama ini. Jika komposisi udara di dalam tabung scuba yang biasa adalah 21% oksigen, 78% nitrogen, 1% trace gases, sebaliknya komposisi udara pada Nitrox kadar oksigen di naikan menjadi 32% - 36%, atau biasa juga di sebut Enriched Air.

Komposisi udara ini juga dapat mengurangi efek decompression sickness , dan pengurangan kadar nitrogen juga membuat kita tidak perlu berlama-lama / less time untuk melakukan decompression stop dan bahkan waktu untuk surface interval bisa lebih pendek untuk dive berikutnya.

Untuk dapat menggunakan nitrox, seorang diver harus benar-benar di train dan pastinya ujian dilaut juga harus dilakukan. Hanya saja ujian nitrox tidak seberat ujian open water seperti pemula.

Rencananya lagi-lagi saya akan mengambil sertifikasi Nitrox di PADI saja, soalnya udah nyaman dengan PADI sih.. seperti license dive saya yang lain. Lagian harganya juga nggak terlalu mahal kok.. cuma sekitar USD 110.



Can't wait to hit the water again.... only this time i will breathing with NITROX! woo hoo....!

5 lullabies from others:

keke_kaniacke said...

oi!! kau habis sakit masih hasrat untuk peningkatanlevel diving?!!Ah!!

Miss de Saire said...

hahaha sakit jiwa nggak sih ke? tapi gw yakin kalo kena air laut, sakit gw sembuh total kok :p

keke_kaniacke said...

hahahhahaha....bener2 maniak diving loe bu!!!dan sukses ngajak suami loe ikutan juga...hehehheh..

Miss de Saire said...

soalnya diving satu-satunya stress releaser buat gw.. kapan lagi bisa nguber2 hiu 2,5meter sajah...huahahahaha

keke_kaniacke said...

S E R U !!!! Adrenalin yg mungkin sama seperti yg gw rasakan dalam tiap pendakian gw dulu....Kangen jadinya....