Mar 22, 2008

Caltex Camp Circa 80ies - Early 90ies

*the classic Caltex logo*


Awalnya cuma mau log-in ke face book karena udah lama di terlantarkan (secara aplikasinya banyak banget dan bikin males untuk log-in tiap hari..!).... Yah itu juga karena dapet email notofication ada friend resquest dari beberapa orang teman... lalu jadi tadi setelah meng-approve2-in semua yg add saya di face book, saya nyempetin diri buat surfing bentar disana. Sampe akhirnya masuk ke salah satu page temen, saya tertegun ketika ngeliat satu foto yang familiar banget...

It was Caltex Duri Circa 80ies!!


Ternyata setelah di ubek-ubek lebih dalem, foto itu punya salah satu "ex bule yang pernah tinggal di Duri circa 80an" dan menyumbangkan foto-foto duri classic!! Aaaaaw...suddenly all memmories flood away from the back!


Buat saya pribadi, Caltex circa 80an sampe early 90ies itu adalah masa-masa jaya dan paling indah dalam hidup saya! saat itu, semua warga penghuni Caltex Camp, mau cap bule mau cap lokal, menyatu dan berinteraksi satu sama lain, termasuk kami, para kiddos.


Dari foto-foto yg ada di group facebook ini, ada salah satunya yang saya ingat banget, dan mungkin jadi kenangan buat tiap anak-anak Caltex during that dacade, hang out di swimming pool sambil makan the famoust burger and fries.... da n RC COLA!!! Does anyone of you remember RC? hahahaha... sooo old school! Saya inget, sekitar 80an, harga burger di club itu cuma Rp. 1500, fries 200perak dan RC Cola sekitar 500an! Can you believe it guys!??! Dan itu burger bukan seperti burger TGIF jaman sekarang!! Awwweee.. isn't awsome or what?! Saya inget orang tua saya cukup membekali uang Rp. 5000 setiap main ke swimming pool, dan itu udah bisa bikin perut kenyaaaang banget! (ya iyalah...secara burger 1500perak hehehe).


Selain itu, yang saya inget, anak-anak American School dan Cendana Caltex, dulu suka ngadain acara seni bareng-bareng, yah seperti tukar kebudayaan gitu... Biasanya pergelaran ini kami namakan "East Meet West". Rasanya saya masih punya foto-foto acara ini, ntar deh coba di scan dan posting kapan-kapan.


Setelah masa-masa "era SBU"(caltex local politic/reformation era) tahun 1995, seingat saya, semuanya mulai berubah. Kami, para kiddos (lokal dan bule) sudah tidak lagi main bersama, kecuali dengan tetangga sekitar rumah..yah mungkin karena ada sedikit perubahan nilai dan jaman sehingga para bule kelihatannya lebih bersikap "waspada" kepada para locals... Dan saya pun, sebagai pengguna fasilitas Caltex (bukan sebagai employee yah, hehe) juga ngerasa fasilitas yang di berikan udah nggak senyaman dan semewah dulu lagi. Kalo dulu hampir semua fasilitas mulai dari olahraga sampe makanan (ie: burger, t-bone steak, widuri club resto, etc) masih di suply perusahaan, setelah era SBU, pelan-pelan mulai dikurangi. Begitu juga dengan pertukaran employee, jaman dulu dalam 1 tahun bisa banyak banget yang di kirim tugas ke Houston, San Ramon, Dallas, bahkan UK, sete;ah SBU, semuanya mulai di persulit. Nggak tau kenapa. Mungkin seringin dengan pergantian pejabat caltex ini, kebijaksanaan juga di ubah. Yang dulunya orientasi ke "kesejahteraan para employee", setelah SBU semuanya itu mulai di hilangkan. Yah, well, kalo denger cerita-cerita para tetua-tetua Caltex sih, si "petinggi-petinggi" yang baru ini ingin menggeser nilai kuno, replace menjadi "bagaimana cara menguntungkan perusahaan sebesar mungkin" dan "bagaimana para petinggi ini bisa dapet jabatan lebih tinggi lagi dengan teori-teori barunya". Yah.. saya ngga tau bener ato nggak.. terlepas semua itu, memang kerasa banget pergeseran nilain-nilai dari era 70an-94.


Ohya, ada satu foto classic banget yang pasti memori ini melekat di setiap employee/anak2/keluarga yang pernah tinggal di Caltex camp during 75'-early 90eis: MOBIL CALTEX dengan ciri khas warna KUNING-nya itu dan ada seri mobil di body samping!! ok, saya sendiri sebenarnya nggak tau "the exact color" of this car, cuma sepintas emang kaya warna kuning...tapi sedikit kehijauan, dan sedikit... apa yah?? hahaha.. ada yang bisa nebak?


Well, buat yang kangen dengan Caltex Camp (Rumbai - Minas -Duri -Dumai Operation), bisa click ke sini (soalnya nggak enak buat di copy dan di posting ke blog ini hehehe).. Banyak foto-foto tua buat nostalgila dan mungkin juga bisa nambahin foto-foto koleksi tua kita buat di share ke anak-anak Caltex lain di seluruh penjuru dunia! kenyit

All and all, Caltex circa 80ies-early 90eis were the best time in my life!

*the new Caltex logo*


***************************

Sedikit note, saya mau meng-copy keterangan dari Atrix (hey, trix, what's on Sumatera-nya aku copy yah!) untuk sedikit memperkenalkan Caltex Camp tercinta ini...sengihnampakgigi

There are 4 district CPI (Caltex Pacific Indonesia.. but now known as Chevron Pacific Indonesia) currently operating in Riau ?

Rumbai: Where some of the main office administration placed

Minas: World known 1st best light crude oil discovered in the 50's, production area.

Duri: Indonesia largets stem flood project known as DSF, priduction area.
Dumai: The smallest district, in the tip. a final shipping yard for caltex tanker.

How's the camp ?

Rumbai: Suit to standard of expatriate typical house, got its own security, and housing complex. Housing complex named based on Trees species.

Minas: Like Rumbai too, it's connected with bypass road (side-by-side with Chevron powerline and FO (fiberoptic) tower between these 2 district. Housing complex named based on Birds species.
Duri: It's the furthest area to reach almost 120km from Pekanbaru (from Rumbai around 90km). It is now the main base of operational of CPI, most of Rumbai administration had moved here.
It is a large district CPI had, if you find anything related to elephant you could find it remotely (far indeed) on Sebanga Elephant training. Housing complex named based on Volcanoes in Indonesia.

Dumai: It has small housing complex. Housing complex named based on Hills in Sumatra.


Ayooo.. tolong Ibu Silvi kalo bisa bantu postingin dengan foto-foto Chevron Duri yang sekarang.... kenyit

*Chevron Pacific Indonesia-since 2005*

1 lullabies from others:

Unknown said...

Harga burger 1400, bukan 1500 neng :d

warna mobil itu warna hijau daun muda... dan mobil babe waktu itu X3236